Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pekanbaru Kota Bertuah

Pekanbaru Kota Bertuah Di Riau semua orang pasti tau kalau Pekanbaru merupakan kota terbesar di provinsi Riau, kota Pekanbaru ini di kenal dengan kota bertuah yang dulunya dikenal dengan nama senapelan. Dan bertuah sendiri memiliki arti dari sebuah julukan kota Pekanbaru ini, Bertuah yaitu BERSIH, TERTIB, USAHA BERSAMA, AMAN, dan HARMONIS . Kota Pekanbaru juga mempunyai sloga yaitu "KOTAKU, KOTAMU DAN KOTA KITA BERTUAH" . Dalam bahasa melayu sendiri bertuah memiliki arti yaitu memiliki kekuatan gaib atay memiliki keberuntungan.

Di Pekanbaru sendiri banyak sekali suku yang ada di dalamnya dari Melayu, Minang, Jawa,Thionghoa, Bata, bugis dan lain-lain sgala perbedaan suku menjadi satu untuk membangun Riau terutama  kota Pekanbaru menjadi lebih baik. Dari segi pembangunan pekanbaru sangat pesat sekali kemajuan nya dari masa ke masa dan dari pemimin pemimpinya. Dulu nya yang tidak ada flay over kini sudah ada flay over, mall – mall di Pekanbaru pun semakin banyak di sudut kota pekanbaru.

Dulunya tugu pesawat tempur jenis Sabre 86 J388. kini telah disulap menjadi sebuah tugu zapin, tugu ini berdiri di titik 0 kota Pekanbaru. Awal dari tugu pesawat ini adalah pemusatan angkatan udara pada zaman dulunya dan telah disulap  menjadi tugu zapin yang memiliki arti  mencermin kan budaya masyarakat Pekanbaru , yaitu budaya melayu.

Patung zapin ini terletak di Jl.Jend.Sudirman
Tidak jauh dari tugu zapin ini ada perpustakaan Soeman H.S. merupakan sebuah tempat penyimpanan arsip nasional yang berstatus perpustakaan provinsi, perpustakaan yang satu ini merupakan perpustakaan termegah yang ada di Indonesia dapat di lihat dari segi arsitektur kemegahan dari perpustakaan ini, perpustakaan Soeman H.S. ini di resmikan oleh Jusuf Kalla dan wakil gubernur Riau Wan Abu Bakar pada tahun 2008. Sedikt informasi bahwa nama perpustakaan ini diambil karena karya karya dari Soeman H.S. atas karya-karya nya sebagai rujukan anak-anak< pemerintah sangat mendukung sekali dengan adanya perpustakaan ini agar minat baca anak-anak riau semakin besar 


Perpustakaan Soeman H.S.

Dan salah satu bangunan yang megah yaitu Anjung Seni Idrus Tintin yang merupakan salah satu ikon budaya di Kota Bertuah yaitu Pekanbaru, merupakan bangunan dengan arsitektur tradisional yang sangat menawan dengan unsur melayu, menggunakan nama seorang seniman Riau, Idrus Tintin.


Idrus Tintin
Satu lagi Masjid Agung An-Nur yang terletak di Pekanbaru merupakan gedung yang sangat megang yang memiliki arsitektur melayu, arab, turki dan india

Mesjid Agung Annur Pekanbaru

Satu lagi kampus kebanggan adalah Politeknik caltex riau merupakan kampus yang berdiri pada tahun 2001 tepatnya di Rumbai, merupakan kampus yang sangat megah dan sangat berkualitas banyak prestasi yang sudah di toreh dari dalam Riau sendiri malahan sudah sampai di Nasional. Kampus Politeknik Caltex Riau sendiri memiliki Teknik Elektronika, Teknik Komputer, Teknik Telekomunikasi, Teknik Mekatronika dan Akuntansi (Diploma 3) serta Sistem Informasi Industri, Teknik Informatika Multimedia dan Teknik Elektronika Telekomunikasi (Diploma 4). Kayaknya samapai disini saja tulisan saya mengenasi kota bertuah :)


Politeknik Caltex Riau

*Kurang kerjaan dan nulis :D Kontes Giveaway #7 Bertuah : Share your story aboutPekanbaru. yang di sponsori Oleh @BurgerGabohPKU

NB : Foto asli cepretan dari hape di instagram @pijanvijan :D