Kesuksesan Kontribusi Sosial Ekonomi sebagai Program CSR RAPP

shares

Program CSR RAPP (Riau Andalan Pulp and Paper) terhitung sebagai salah satu kesuksesan besar yang dicatat baik oleh pihak perusahaan sendiri maupun oleh masyarakat sekitar lokasi perusahaan ini. Sementara berbagai perusahaan besar kerap identik dengan hal-hal negatif seperti kurang memerhatikan masyarakat serta lingkungan sekitar serta tidak memberi cukup kesempatan kerja bagi pelamar lokal, PT Riau Andalan Pulp and Paper justru menjadi satu di antara sekian perusahaan berskala besar yang menerapkan program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) secara maksimal. Hal ini bukan hanya diakui oleh pemilik serta pemegang saham perusahaan, melainkan juga masyarakat setempat serta institusi resmi yang melakukan pengamatan dan penelitian terhadap praktek CSR oleh RAPP.



CSR merupakan sebuah prinsip yang berlaku global, dimana sebuah perusahaan memiliki kewajiban atau tanggung jawab bukan hanya demi kepentingan laba, melainkan juga kepentingan konsumen, pegawai yang terlibat, pemerintah, masyarakat sekitar serta lingkungan. Dalam hal ini, tanggung jawab sosial perusahaan RAPP adalah kontribusi terhadpa kondisi lingkungan serta perekonomian daerah, terutama di wilayah-wilayah tempat perusahaan beroperasi seperti Kabupaten Pelalawan dan Siak. Dengan melaksanakan program-program yang berkaitan dengan aspek tanggung jawab sosial, berarti perusahaan berkomitmen dalam hal pelaksanaan keputusan tindakan yang mempertimbangkan dampak yang berkelanjutan pada masyarakat dan lingkungan sekitar, bukan sekedar berorientasi pada untung.

Tema Besar Program CSR dari RAPP, Berikut adalah dua macam tema besar program tanggung jawab sosial perusahaan yang diterapkan oleh PT Riau Andalan Pulp and Paper:<br />

  1.Planet

PT Riau Andalan Pulp and Paper beroperasi di bidang pembuatan produk kertas, yang berarti melibatkan pembudidayaan dan penebangan pohon kelas industri untuk pembuatan kertas. Oleh karena itu, salah satu program CSR RAPP yang paling menonjol adalah pemeliharaan hutan industri yang sifatnya lestari, alias bisa dipanen dalam jangka waktu yang lama sehingga mengurangi kebutuhan akan pembukaan lahan hutan industri baru atau, lebih parah lagi, penebangan liar pohon-pohon yang sebenarnya bukan termasuk pohon hutan industri. Selain itu, RAPP juga meningkatkan penggunaan bahan bakar ramah lingkungan seperti gas.

  2.People

RAPP mengalokasikan anggaran CSR untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di sekitar wilayah pabrik, di antaranya adalah pemberian sumbangan hewan ternak untuk dikelola masyarakat serta ajakan bagi para pengusaha lokal untuk bekerjasama dan dengan demikian meningkatkan kesempatan kerja serta pendapatan lokal daerah.

Kedua tema besar tanggung jawab sosial perusahaan RAPP ini sekaligus menjadi dua dari tiga pilar bisnis utamanya, dimana pilar bisnis yang ketiga adalah Profit alias laba. Dengan demikian, PT Riau Andalan Paper and Pulp telah dengan tegas menempatkan aspek dampak sosial dan lingkungan yang berkelanjutan pada posisi yang sama dengan laba perusahaan.
Prospek Program CSR RAPP di Masa Depan

Menyikapi rencana pemerintah Indonesia untuk menjadikan perusahaan manufaktur kertas dan pulp sebagai perusahaan kategori hijau (yang berarti menuntut adanya verifikasi legalitas kayu industri), PT Riau Andalan Pulp and Paper pun telah merancang berbagai program CSR yang bisa sekaligus menjadi panduan utama perusahaan dalam beroperasi. Sebagai contoh, untuk menindaklanjuti penghitungan emisi karbon yang dimulai sejak tahun 2006, RAPP juga akan mengusahakan lebih banyak penggunaan bahan bakar nabati selain gas. Hal ini bukan hanya dapat menekan emisi karbon, namun juga berkontribusi pada peningkatan laba perusahaan karena semakin banyaknya pengimpor kertas dan pulp di Eropa yang hanya mau menerima produk ramah lingkungan. Program CSR RAPP pun diharapkan dapat terus berkembang sehingga memberi kontribusi bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.



Related Posts