Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana RAPP Meningkatkan Kondisi Ekonomi Daerah Riau

Sebagai salah satu raksasa bidang industri kertas dan pulp di Indonesia, kontribusi RAPP alias PT Riau Andalan Pulp and Paper terhadap ekonomi daerah tidak bisa dianggap enteng. Setelah berperan dalam menarik pendatang ke Kabupaten Pelalawan yang dulunya sepi pasca pembukaannya, RAPP kini semakin giat menerapkan berbagai program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR, Corporate Social Responsibility) yang tidak hanya sekedar memenuhi kuota penggunaan dana program CSR, namun juga benar-benar meningkatkan ekonomi daerah dan masyarakat sekitar secara signifikan.

Bukti Independen Kontribusi RAPP



Untuk membuktikan bahwa program peningkatan ekonomi daerah Riau oleh RAPP bukan sekedar pepesan kosong, Lembaga Penelitian Ekonomi dan Masyarakat dari Universitas Indonesia telah bekerjasama dengan dua universitas ternama lainnya yaitu Universitas Islam Riau dan Universitas Riau dalam hal kajian tentang kontribusi RAPP terhadap kondisi ekonomi serta kesempatan kerja bagi masyarakat setempat. Studi yang dilakukan dari tahun 1999 hingga 2010 ini mengungkap beberapa hal, yaitu:
  1. RAPP telah menyumbang sekitar 46,11% dari keseluruhan total pendapatan rumah tangga di area pusat usahanya yaitu Kabupaten Pelalawan. Hal itu berarti sumbangsih sekitar 10,73 triliun Rupiah.
  2. RAPP telah berkonstribusi terhadap peningkatan ekonomi daerah menyangkut kesempatan kerja bagi masyarakat lokal, dimana Kabupaten Pelalawan mengalami peningkatan 45% kesempatan kerja (dari 73% kesempatan kerja yang berasal dari RAPP di keseluruhan Riau).
  3. Untuk jumlah keluaran nasional, RAPP memberi kontribusi cukup besar yaitu sekitar 196 triliun Rupiah. Harus dicatat bahwa dari jumlah tersebut, 175 triliun Rupiahnya berasal dari Propinsi Riau tempat RAPP berada.
Kontribusi RAPP semakin diperkuat dengan adanya program-program rutin menyangkut CSR seperti sumbangan hewan ternak, bimbingan dan ajakan kerjasama bagi pengusaha lokal dan sebagainya. Hal ini tentu merupakan kabar baik bagi masyarakat yang menghuni area tempat beroperasinya RAPP pada khususnya dan masyarakat Riau pada umumnya. Untuk ke depannya, diharapkan RAPP dapat meluaskan kontribusinya hingga menjangkau masyarakat di luar Riau dan jika perlu di seluruh Pulau Sumatera bahkan Indonesia.

Post a Comment for "Bagaimana RAPP Meningkatkan Kondisi Ekonomi Daerah Riau"