Usaha RAPP dalam Pengurangan Emisi Karbon

Usaha RAPP dalam Pengurangan Emisi Karbon

iklan 336x280 iklan link responsive
iklan 336x280 iklan link responsive

Baca Juga

Isu tentang jejak karbon yang berasal dari industri kini menjadi salah satu topik yang hangat diperbincangkan, terutama setelah banyak perusahaan di Eropa yang kini mulai aktif menolak produk dari perusahaan yang tidak melakukan perhitungan jejak karbon. Sebagai perusahaan produsen pulp dan kertas, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) juga telah mengambil langkah tersebut dengan melakukan penghitungan jejak karbon serta melakukan upaya dalam rangka mengganti emisi karbon yang dikeluarkan oleh proses pengolahan kertas dan pulp tersebut.


Prosedur Resmi Penghitungan Jejak Karbon RAPP, Karena industri yang berbeda mengeluarkan emisi karbon yang jumlahnya juga berbeda, RAPP harus mengandalkan metode penghitungan jejak karbon resmi yang dikhususkan untuk industri dari produk kayu yaitu kertas dan kayu lapis. Metode yang digunakan merupakan pengembangan dari dua macam metode resmi penghitungan jejak karbon untuk industri kertas dan kayu lapis yaitu:
  1. Metode penghitungan siklus emisi gas rumah kaca industri dari BSI PAS 2050 dan pengukuran siklus jejak karbon berdasarkan ISO 14044.
  2. Metode terbaru yang lebih rinci dan dikembangkan oleh Konfederasi Industri Kertas Eropa pada tahun 2007, dimana penghitungan jejak emisi karbonnya dihitung mulai dari lahan hutan bahan baku hingga proses pengiriman produk jadi.

RAPP telah melakukan uji jejak karbon ini sejak tahun 2006, dimana dalam prosesnya melibatkan Institusi Penelitian Lingkungan Swedia untuk penghitungan yang lebih akurat. Selain menghitung emisi karbon, penelitian ini juga mengungkap hasil biomassa serat dari tindakan pengelolaan lahan yang dilakukan RAPP, yang dapat menutup jejak karbon tersebut. Kesimpulannya, walapun hasil emisi karbon produksi kertas dan pulp RAPP masing-masing adalah 1070 kg CO2e/ton kertas dan 850 kg CO2e/ton pulp, namun pengurangan emisi karena pengelolaan lahan yang baik bisa mengurangi jejak karbon sebanyak 3 hingga 10 juta ton emisi CO2e per tahun.

Program RAPP yang menyangkut uji jejak karbon juga merupakan sebuah program yang menyeluruh, dimana uji yang dilakukan bukan hanya dari permulaan industri sampai ke gerbang konsumen, melainkan juga yang meliputi seluruh proses dari awal sampai akhir (disebut juga dengan cradle to grave). Hal ini membuktikan bahwa RAPP memang tidak tanggung-tanggung dalam mewujudkan prinsip Planet dari tiga pilar bisnisnya yaitu Planet, People and Profit.
 

iklan 336x280 iklan link responsive (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Related Posts

Usaha RAPP dalam Pengurangan Emisi Karbon
4/ 5
Oleh